web 2.0

Tips Meningkatkan Penyerapan Kalsium

Tentunya anda telah mengetahui benar bahwa kalsium adalah mineral penting bagi pertumbuhan tulang. Sebab mayoritas tulang terdiri dari unsur kalsium. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan pertumbuhan tinggi badan terhambat. Namun, mengkonsumsi kalsium dalam jumlah berlebih juga tidak baik bagi kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kalsium cenderung meningkatkan resiko kanker prostat dan batu ginjal. Oleh karena itu bagaimana sebaiknya mengkonsumsi kalsium secara efktif untuk memaksimalkan tinggi badan tanpa mengabaikan faktor kesehatan?. Jawabnya adalah konsumsilah kalsium sesuai kebutuhan (untuk melihat jumlah kalsium yang diperlukan lihat link nutrisi pertumbuhan).

Selain itu, cara mengkonsumsi kalsium juga harus tepat agar memaksimalkan penyerapannya oleh tubuh. Bagaimana cara memaksimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh? (Baca juga artikel sebelumnya, "Tips Menambah Tinggi Badan")
  • Usahakan mengkonsumsi kalsium dari sumber alami, bukan sintetis. Karena sumber alami lebih sehat dan mudah diserap. Sumber alami antara lain dari susu, keju, ikan, dll.
  • Jangan mengkonsumsi kalsium dalam jumlah tinggi dalam sekali telan. Sebaiknya sedikit-sedikit (dipecah) dalam satu hari. Meminum setengah gelas susu sebanyak empat kali lebih baik daripada meminum dua gelas susu sekaligus. Karena lebih mudah diserap oleh tubuh. Ingat! Usus memiliki keterbatasan kemampuan dalam menyerap nutrisi yang masuk. Jika anda mengkonsumsi dua gelas susu sekaligus maka ada kecenderungan sebagian nutrisinya terbuang percuma oleh karena hanya sebagian saja yang mampu terserap usus. Apalagi jika anda sedang mengalami sakit perut, maka kemampuan penyerapan juga berkurang.
  • Hindari rokok dan alkohol. Karena dapat membuang persediaan kalsium dalam tubuh. Selain itu, hindari pula mengkonsumsi 3 jenis makanan lainnya yang dapat menghambat program peninggi badan yang akan anda ikuti.